Banyak terdengar dari berbagai sumber bahwa mahasiswa adalah agent of social change dan agent of social control yang berarti orang yang berperan penting dalam perubahan masyarakat ke arah lebih baik dan pemantau kegiatan sosial dalam masyarakat. Tidak bisa dipungkiri bahwa mahasiswa memang sangat berperan penting dalam menjaga kedaulatan bangsa dan Negara Indonesia yang saat ini bisa dibilang sedang dalam keadaan tidak stabil. Mahasiswa menjadi tolak ukur atau teropong yang akan terjadi di masa depan bangsa ini karena dia adalah penerus bangsa yang akan mengganti para orang-orang terdahulu yang sangat berpengaruh saat ini. Dikalangan masyarakat, mahasiswa dianggap sebagai panutan karena berlandaskan pengetahuan dengan tingkat pendidikan yang tinggi, norma-norma yang berlaku disekitarnya dan pola berfikirnya yang cerdas dan konstruktif dengan gagasan dan ide-ide yang kreatif.
Jenjang pendidikan tinggi sangat dituntut untuk mengenal lebih dalam perkembangan teknologi yang saat ini bisa dirasakan bahwa perkembangan teknologi berkembang sangat signifikan. Bahkan teknologi saat ini menjadi kebutuhan pokok untuk hampir di semua kalangan. Mahasiswa Teknik harus mengambil dalam pengembangan teknologi bangsa. Dengan pola berfikiranya yang kritis dan ide yang kreatif mahasiswa mampu menciptakan sesuatu yang baru dan membedah persoalan yang ada dengan menawarkan solusi yang bisa menyelesaikan persoalan tersebut. Universitas tempat yang akan membekali para mahasiswa menciptaka suatu yang baru atau mengatasi sebuah persoalan. Mahasiswa akan menelaah, menganalisa permasalahan, meriset, meneliti, berdiskusi secara logis, mengkaji secara sistematis, bereksperimen, dan sebagainya yang hasilnya dapat mengubah keadaan di bangsa ini. Dengan kata lain kedaulatan bangsa dan Negara dapat terjaga.

Mirisnya mahasiswa masih menghadapi kendala sebuah persoalan klasik untuk mewujudkannya karyanya yaitu kurangnya dukungan dari masyarakat dan pemerintah dan tidak adanya penghargaan. Jadi pengaruhnya tidak terlalu tampak. Walaupun begitu sudah terlihat saat ini peran mahasiswa tetap sangat berpengaruh untuk kemajuan bangsa.

**Ini adalah tugas membuat artikel untuk ospek

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top