Media komunikasi jaman sekarang semakin banyak fitur-fitur untuk mempermudah hubungan antar orang. Berhubungan dengan banyak orang dalam satu waktu sangat mudah dilakukan dengan adanya grup chat. Grup chat dimodelkan seperti ruang tempat berkumpulnya beberang orang dengan asal/tujuan yang sama. Bahkan fenomena yang terjadi di salah satu platform chatting isinya kebanyakan grup segala macem kelompok dan tujuan.

Yang berada didalam grup chat memiliki berbagai macam peran, bisa jadi setiap orang memiliki peran yang berbeda di berbagai grup chat. Setelah observasi dari beberapa grup chat yang ada, aku breakdown peran-peran yang muncul dan tercipta dari keberagaman. Ya ini cuma iseng-iseng aja sebenernya bukan untuk melabelkan setiap anggota grup dengan peran-peran yang bakal aku jabarin dibawah ini

  1. Admin, di semua grup chat pasti ada admin. Pembuat grup biasanya juga admin grup kalau dia gak pernah left grup. Admin memiliki beberapa wewenang di dalam grup, bisa invite anggota, kick anggota, menetapkan admin lain.
  2. Informan, anggota yang paling update sama informasi dan selalu gatel ngeshare di grup biar semua orang bisa tau informasi-informasi penting yang dia dapetin. Ya kali aja berguna dan bisa membantu bagi beberapa anggota kan siapa tau.
  3. Caper, anggota yang selalu ada aja bahan biar diperhatiin anggota grup secara tulus ataupun gak. Kadang juga karena kepengen grup rame aja dia rela caper di grup buat memantik anggota-anggota lain bersua.
  4. Tukang left grup, anggota yang sering keluar masuk grup itu macem-macem dah alasannya. Tapi yasudah itu hak mereka sebagai pengguna platform asal gak menimbulkan perpecahan aja.
  5. Silent reader kepo, anggota yang jarang banget muncul menanggapi segala topik yang muncul di grup tapi gercep banget jadi viewer. Gak nimburng sih tapi kepo aja.
  6. Silent reader tersakiti, anggota yang punya alasan sendiri kenapa gak pernah mucul tapi tetep bacain aja. Bisa jadi sebelumnya pernah berusaha nimbrung tapi tidak ditanggapi jadi males deh nimbrung lagi udah terlanjur gak nyambung juga.
  7. Komedian, anggota yang punya skill khusus. Herannya emang segalanya bisa aja jadi jokes dan cukup mewarnai dunia grup chat yang kadang hambar sekali.
  8. Penyebar Hoax, penyebar informasi atau tautan gak jelas sumber dan kredibilitas kebenerannya. Berniat menjadi informan tapi gak di selidiki dulu, yang penting headlinenya seru aja. Biasanya juga anggota ini emang terlalu polos yang gampang percaaan atau gampang terprovokasi dengan berita yang viral dapet dari mana aja.
  9. Tim Hore, anggota yang apapun topiknya yang penting muncul buat ngeramein aja. Tim hore hanya anggota biasa yang kadang jadi follower aja apa yang lagi dibahas.
  10. Antara ada dan tiada, anggota yang gak ngerti kenapa masih aja bertahan jadi anggota grup padahal ya jarang buka grup, kalaupun grup nya dibuka cuma buat ngilangin angka notif yang belum terbaca padahal yaa gak dibaca juga itu isinya apa bodo amat.
  11. Sticker maniak, anggota kolektor stiker segala hal entah itu ngesave dari orang lain atau emang rajin bikin stiker sendiri. Nimbung digrup juga dengan ngeluarin koleksi stikernya yang bejibun itu. Stiker sudah mewakili kalimat dan ekspresi.
  12. Voice note maniak, anggota yang males banget ngetik panjang ini tinggal rekam aja simple. Atau emang suka iseng aja dengan suara-suara aneh biar tambah seru grupnya.
  13. Si mesum, agak risih sih ini sebenernya bagiku yaa karena mungkin bagi orang lain seru-seru aja buat bahan becandaan. Pokoknya emang otaknya aja yang ada aja disambung-sambungin ke hal begituan entah itu pake kalimat atau stiker.
  14. Si telat, anggota yang ketinggalah topik karena baru buka grup isinya udah ratusan chat yang belum dibaca misalnya tapi masih kepengen nimbrung. Lah belum basi-basi banget kok cuma telat aja, cari timing yang tepat aja buat masuk.
  15. Si gak nyambung, lagi bahas apa eh nanggepinnya apa, gak tau deh emang di sengaja atau emang gak mudeng aja jadinya gak nyambung. Harus ada yang ngelurusin tuh biar gak tambah melenceng ntar malah jadi dicuekin.
  16. Formalitas, biasanya ini grup kerjaan. Yang penting kalo bersangkutan sama kerjaan yang dikerjaan ya menanggapi kalo bukan yaudah diem aja. Ditambah menanggapi sebagai rasa hormat kepada atasan.
  17. Terabaikan, kasian sih anggota ini. Rawan menjadi silent reader karena usahanya nimbrung selalu terabaikan atau selalu menjadi penutup chat, setelah dia nimbrung gak ada lagi yang nanggepin. Gak tau deh kenapa.
  18. Anti buka grup, ini ada beneran loh. Mau left gak enak tapi sebenernya udah ogah jadi anggota grup. Beneran gak dibuka sama sekali grupnya mau sampe ribuan juga isinya atau udah dipanggilin di grup pun gak akan dibuka. Jangan lupa grupnya di mute.
  19. Tukang promosi, anggota yang memanfaatkan media dengan baik dengan promosi usaha atau kegiatan, berharap anggota grup lain membeli atau mengikuti kegiatan yang di promosikan.
  20. Pemancing keributan/provokator, anggota yang emang punya keahlian menjadi provokator. Kalo suasan lagi panas malah ditambah panas-panasin atau lagi hening tiba-tiba melempar pembahasan kontroversi.
  21. Tukang curhat, biasanya ini grup geng atau isinya emang temen-temen curhat aja. Ya apa aja dicurhatin kalo emang fungsi grupnya dibuat untuk itu yagapapa nah kalo tiba-tiba curhat di grup yang isinya banyak orang gak deket gak tau deh atau emang saking terbukanya kali ya.
  22. Si Kepo, apapun ditanyain di grup kadang gak sadar gak semua pertanyaan itu cocok ditanyain di grup. Selagi ada yang nanggepin sih yaudah, yang penting keponya gak menyinggung perasaan anggota lain aja.
  23. Sensitif, anggota yang gampang tersinggung saking sensitifnya. Kadang ngambek, marah-marah. Harus ada yang menenangkan ini sih biar gak salah paham.
  24. Penasehat, emang dituakan atau emang dasarnya bijak aja. Menanggapi dengan nasehat yang dalem diselipin ceramah juga mungkin yaa.

Grup chat itu beragam banget ada grup keluarga, grup temen deket, grup sekolah, grup kerjaan, grup jalan-jalan, grup kegiatan, masih banyak lagi. Apapun peran kita itu sudah menjadi hak kita sebagai pengguna media. Mungkin masih banyak peran yang gak aku cantumin, apapun itu sudah menjadi pilihan kita. Semoga kita menjadi pengguna yang baik dan grup chat berfungsi sebagaimana mestinya tujuan utama grup dibuat.

Share this :

6 thoughts on “Peran dalam Grup Chat

  1. Hi my friend! I want to say that this post is awesome, great written and include almost all vital infos. I would like to see more posts like this . Noell Warde Neila

  2. I was examining some of your posts on this website and I think this web site is rattling instructive! Retain putting up. Violette Faber Thanos

  3. I every time used to read paragraph in news papers but now as I am a user of internet therefore from now I am using net for content, thanks to web. Martica Robers Minna

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top