Kalau kamu ikut kepanitiaan dalam acara dan ditunjuk jadi PDD. Eh tapi gak ngerti PDD itu apa, aku disini sedikit kasih informasi yang aku tau. Dalam organisasi menjalankan sebuah program kerja akan membutuhkan kepanitiaan dengan jobdesk yang jelas, agar persiapan acara bisa terkoordinasi dengan baik. Aku cukup sering ditunjuk masuk ke bagian PDD atau ada yang menyebutkan Pubdekdok. PDD atau Pubdekdok singkatan dari Publikasi-Dekorasi-Dokumentasi.

Sedikit jelasin dari pengalaman aku, beberapa jobdesk yang perlu diketahui dan dilakukan agar tidak tumpang tindih dengan seksi lainnya. Program kerja cukup banyak berbentuk event dan setiap acara butuh peserta untuk mengikuti atau mengetahui event tersebut. Sie PDD bertugas melakukan publikasi dengan menggunakan berbagai metode. Untuk saat ini media yang sangat cepat untuk melakukan publikasi adalah dengan sosial media. Oleh karena itu untuk membuatnya memiliki daya tarik dengan menggunakan desain menarik atau cara kreatif lainnya.

Tempat acara gak mungkin polosan kan? Dekorasi tempat sesuai dengan rencana dan tema acara termasuk salah satu komponen penting dalam acara. Tentu perihal dekorasi disini bekerjasama dengan Sie lainnya, untuk ide utama dari Sie Acara dan persiapan material dekorasi dibantu Sie ATP (Peralatan). Kalau ada banner atau backdrop itu tugas Sie PDD untuk mendesainnya.

Publikasi dan dekorasi sebagian besar dilakukan pada saat persiapan acara atau sebelum acara berlangsung. Sedangkan saat acara berlangsung saatnya Sie PDD bertugas untuk dokumentasi. Dokumentasi disini gampangnya foto-fotoin selama acara. Foto-foto ini bisa dipublikasikan di media sosial sebagai dokumentasi program kerja yang sudah berjalan dan bisa untuk bahan LPJ Acara.

Sedikit gambaran tentang Sie PDD seperti itu. Jadi kalau kamu mau buat kepanitiaan bisa disesuaikan dengan kebutuhannya. Sie PDD biasanya butuh orang yang bisa desain, cukup kreatif, aktif sosial media juga, bisa fotografi lebih baik lagi. Tapi kalo kalian masih sekolah gak harus udah pro punya keahlian tersebut, organisasi kan bisa jadi wadah mengasah diri dan mendapatkan pengalaman. Kalau udah terbentuk dan udah jalan kepanitiaannya, yang penting tetap bertanggunjawab dengan jobdesk yang seharusnya yaa.

Dark side dari Sie PDD adalah ketika kamu sekali terjun dan cukup menonjolkan hasil yang memuaskan, sangat mungkin terjadi kamu akan ditempatkan seterusnya disetiap kepanitiaan. Tetap semangat yaa! Gapapa, semua pengalaman dimanapun kamu ditempatkan akan tetap seru kok!

Share this :

2 thoughts on “PDD / Pubdekdok

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top