Tulisan ini terinspirasi dari Dr. Gamal Albinsaid seorang motivator internasional.  Topik yang akan dibahas adalah mengenai panggilan jiwa. Bagi orang-orang yang sedang bingung dengan tujuan hidup, belum tau ingin melakukan apa setelah lulus sekolah mungkin, juga ingin bekerja mencapai cita-citanya.

Banyak orang bekerja dengan otak dan ototnya, tapi mereka lupa mengajak hatinya untuk bekerja. Jika kita ingin menikmati kehidupan dengan pencapaian yang optimal, ada tiga hal yang harus kita sadari dan ada pada apa yang akan kita kerjakan.

1. Pleasure (hal yang kita sukai)

Apa yang kita kerjakan hendaknya adalah hal yang kita sukai. Makna dari hal yang kita sukai seperti kita melakukan hobi kita sendiri tetapi itu adalah pekerjaan yang kita kerjakan. Ketika kita mengerjakan sesuatu yang kita sukai, kita akan rela melakukannya walaupun tidak dibayar, bahkan pada tititk tertentu kita rela walaupun harus membayar. Bayangkan jika pekerjaan kita adalah kegiatan yang kita sukai maka dari bangun tidur akan bangun dengan semangat untuk menjalani hari dan tidak akan menjadi beban yang berat. Jika apa yang dikerjakan masih terasa berat maka perlahan sukai lah terlebih dahulu pekerjaan kita.

2. Strength (hal yang kita kuasai)

Jika kita terus menerus terjadi kegagalan, padahal kita juga terus bangkit dan berusaha lebih keras lagi, pada titik tertentu kita harus menelaah kembali kenapa bisa terjadi. Sadarilah dengan sepenuhnya keahlian dan kemampuan kita, jika kemampuan kita bukan dibidang yang kita kerjakan jangan paksakan. Sehingga kamu tidak hanya menikmati proses tapi kamu memiliki pencapaian yang mengagumkan.

3. Meaning (hal yang bermakna bagi kehidupan kita)

Buat apa dipuja didunia, tapi ternyata mengerjakan sesuatu yang disesali oleh penghuni kubur. Jangan mati-matian mengejar sesuatu yang tidak dibawa mati. Kita akan merasa tenteram jika apa yang kita kerjakan berkah dunia dan akhirat.

Jika kesukaan kitan bertemu dengan ketangguhan kita dibungkus dengan ketulusan, lihatlah bagaimana Allah membesarkan kita. Lebih jauh lagi panggilan jiwa akan membuat kehidupan kita penuh makna, bagaimanapun keadaannya kita akan tetap bernilai dan berharga terutama bagi mereka yang menyayangi kita.

“Kesabaran adalah nafas yang menentukan lama tidaknya sebuah kebaikan bertahan”

Dr. Gamal Albinsaid

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published.

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top