Penjelasan mengenai revolusi industry 4.0 aku cukup jelas aku dapat dari video CNBC di youtube. Beberapa hal yang aku kutip dari video CNBC Indonesia dengan judul “Apa itu Revolusi Industri 4.0”.Pada World Economic Forum (Annual Meeting 2019) Committed to improving the state of the world Swarp dipaparkan bahwa revolusi teknologi sedang berlangsung mengaburkan batas antar fisik, digital dan biologis.

Revolusi industri keempat adalah bagaimana teknologi seperti kecerdasan buatan, kendaraan otonom, dan internet saling mempengaruhi kehidupan manusia. Revolusi sebelum revolusi industri 4.0 adalah, Revolusi Industri 1.0 (Abad ke 18) dengan adanya penemuan Mesih Uap dan Manufaktur, Revolusi Industri 2.0 (Abad ke 19) dengan adanya Produksi Massal & Mesin Listrik, Revolusi Industri 3.0 (Abad ke 20) dengan adanya Komputer & Teknologi Informasi.

Hadirnya automasi dan kecerdasan buatan di Industri memberikan potensi besar untuk melipatgandakan produktifitas tenaga kerja. Indonesia tengah menikmati periode bonus demografi berkat banyaknya populasi penduduk dalam rentang produktif. Boming ketersediaan tenaga kerja yang bersamaan dengan era revolusi industri akan menjadi ancaman nyata bagi low skill workers atau profesi dengan jeniss pekerjaan repetitive

Profesi yang bertahan diera revolusi industri 4.0

  1. Industri Kreatif
  2. Teknologi Informasi
  3. Profesional
  4. Manager
  5. Pelayanan Kesehatan
  6. Pendidikan
  7. Jasa Konstruksi

Target dan Road Map Making berdasarkan informasi yang dirangkum oleh Channel Belajar Statistik di youtube dengan judul video Revolusi Industri 4.0 adalah sebagai berikut:

Target Industri 4.0

  1. 10 Ekonomi Dunia
  2. Kontribusi ekspor 10 PDB
  3. Menaikan rasio produktifitas pada biaya
  4. Menaikan anggaran litbang menjadi 2% dari PDB

Road Map Making untuk tahun 2030

  1. Penguatan rantai suplai
  2. Pengembangan Kawasan industri
  3. Tujuan pembangunan yang berkelanjutan
  4. Penguat UKM
  5. Penyiapan infrasutruktur Digital
  6. Pengembangan ekosistem inovasi
  7. Insentif fiscal untuk inovasi
  8. Pengembangan SDM
  9. Kebijakan Industri
  10. Peningkatan investasi
Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top