Kolot menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia adalah tidak modern atau kuno. Dalam kehidupan itu ada jaman yang dikelompokkan berdasarkan periode waktu. Tulisan ini tidak bermaksud menyalahkan orang-orang yang lahir lebih dulu dengan kepribadian dan mindset mereka.

Karena saya juga menyadari, walaupun saya termasuk kaum milenial karena kebetulan lahir di tahun 90’an pada saatnya nanti akan menjadi “orang jadul”. Setiap manusia memiliki kepribadian yang berbeda-beda karena tumbuh di lingkungan yang berbeda, keturunan yang berbeda, dan tumbuh dengan cara yang berbeda.

Periode waktu terus berjalan, jaman terus berputar dengan perkembangan yang kadang tidak terbayangkan. Hampir semua pasti melewati jaman yang berubah begitu cepat, kalau diberi umur yang panjang. Butuh penyesuaian yang cukup cepat untuk menyikapi ini dari mindset, tindakan, cara hidup, dan segala hal untuk kelangsungan hidup. Saya membuat tulisan ini, karena tidak bisa dipungkiri bahwa masih banyak orang-orang yang hidup di jaman ini tetapi kurang cepat untuk menyesuaikan. Orang-orang terdahulu memang memiliki banyak tradisi dan kebiasaan yang sangat berpengaruh dalam pembentukan mindset dan perilaku tentunya. Akan tetapi untuk orang-orang yang kurang cepat menyesuaikan jaman dan selalu merasa paling benar sendiri akan menyebabkan perdebatan bahkan sampai perselisihan.

Bukan berarti tradisi, kebiasaan, mindset orang-orang terdahulu itu salah dan harus dihapuskan. Karena sesungguhnya semua hal itu bersifat normatif. Yang saya tekankan lebih adalah untuk “Open Minded”.  Open Minded akan mengurangi sikap egois, merasa paling benar sendiri, dan lebih bisa menghargai, menyesuaikan diri. Karena dunia ini berjalan sangat dinamis, dan setiap manusia memiliki keyakinan dan pendirian masing-masing. Banyak-banyaklah menambah ilmu, karena ilmu tidak ada habisnya. Semakin luas wawasan kau akan semakin paham betapa beragamnya segala hal yang ada di dunia ini. Tidak harus ada perdebatan yang berujung perselisihan karena perbedaan pemikiran.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top