Sebagai manusia yang hidup di dunia, perlu mengetahui tujuan hidup yang sebenarnya. Sebagai manusia yang tidak mengerti kapan akan meninggalkan dunia, harus bertahan hidup dengan sebaik-baiknya. Mengenai konteks bertahan hidup, tidak dipungkiri hidup pada jaman sekarang memerlukan uang untuk memenuhi kebutuhan. Untuk mendapatkannya dapat dilakukan dengan berbagai macam cara entah itu baik atau buruk. Cara yang dilakukan dengan usaha, dan salah satu usaha yang hampir seluruh manusia lakukan didunia adalah berkerja. Saya sendiri termasuk bukan orang yang memiliki pengalaman melimpah, akan tetapi karena saya baru memasuki kedalam tahap ini saya mulai mendalaminya.

Allah subhanahu wa ta’ala berfirman:

“Maka carilah Rizki disisi Allah..” (QS. Al ‘Qnkabut 29:17)

Sejak kecil sudah diajarkan “Kalau gede mau jadi apa”, setelah umur sudah memasuki fase ini “Udah gede mau kerja apa”. Apapun profesi anda, apapun yang Anda kerjakan tetaplah menjadi orang  baik. Saya sempat berpikir, saya bekerja untuk apa, seperti apa, dan bagaimana? Apakah tujuan saya agar saya menjadi orang yang kaya raya? Apakah saya bahagia? Apakah saya bekerja sepanjang hari? Apakah saya bekerja hanya untuk mendapatkan uang melakukan apapun yang penting dapat uang? Saya akui uang itu penting. Untuk memenuhi kebutuhan hidup. Tapi ada titik optimum dimana anda harus merasakan cukup. Karena kebutuhan sebenarnya sedikit. Anda akan merasakan semakin tinggi pendapatan akan semakin tinggi pula kebutuhan, dan sebenarnya itu bukan kebutuhan tetapi keinginan. Dan terkadang kebahagiaan menjadi tidak sepenuhnya dan tidak optimum. 

Bekerjalah dengan mendapatkan nilai ibadah didalamnya. Beberapa bacaan yang sudah saya baca ada beberapa hal dalam bekerja untuk ibadah. Bekerjalah yang halal, karena kita harus menjauhi yang haram. Hindari pekerjaan yang membuat Anda melakukan hal yang dilarang menurut agama dan hukum. Hidup Anda akan merasa lebih tenteram, karena jika hati Anda masih hidup kalau melakukan kesalahan Anda akan gelisah dan tidak tenang. Bekerjalah dengan profesional dan bertanggung jawab. Profesional di bidangnya dalam pekerjaan yang dilakukan akan memberikan manfaat yang lebih daripada mengerjakan sesuatu yang tidak sungguh-sungguh hasilnya pun akan tidak optimum. Semua yang Anda kerjakan dan yang tugas seharusnya Anda kerjakan Anda sendirilah yang harus bertanggung jawab, ingat bertanggung jawab tidak hanya sampai di dunia saja akan tetapi di akhirat juga.

Tidak melalaikan kewajiban kepada Allah. Jangan karena terlalu asyik bekerja sampai lupa menunaikan kewajiban kita kepada yang menciptakan kita dan yang memberi Rizki kepada kita. Karena bekerja hanyalah perantara dari-Nya, Semua dari-Nya akan kembali lagi pada-Nya. Jadi sebenarnya tidak ada yang pantas dibanggakan setinggi apapun jabatan dan sebesar apapun harta itu hanyalah titipan semata. Ikhlas, kata yang sangat sederhana, susah dipelajari, akan tetapi selalu diuji. Bekerja dengan ikhlas, bukan berarti kita bekerja dibayar itu berarti tidak ikhlas. Jika Anda melakukan hal apapun dengan ikhlas, Anda tidak akan penuh dengan keluhan, Anda melakukannya tidak merasakan tekanan, hasil pekerjaan Anda pun akan maksimal. Mungkin banyak sekali yang akan didapat jika ikhlas selalu tertanam dalam hati Anda apapun yang Anda kerjakan. Dan jangan lupa untuk selalu bersyukur. Jika Anda terus menerus melihat ke atas, Anda tidak akan pernah merasakan kepuasan dan kecukupan, akan selalu kurang. Melihat lah ke atas untuk motivasi. Karena terkadang Anda lupa bahwa masih banyak sekali orang orang yang tidak seberuntung Anda dan mendapatkan cobaan yang lebih berat dari Anda yang bahkan Anda sendiri mungkin tidak bisa melewatinya jika Anda di posisi itu. Jangan lupa bersedekah, karena sebagian harta yang anda dapat adalah hak orang orang yang lebih membutuhkan dari pada Anda. Ingatlah terus dan percayalah rezeki Allah sudah mengaturnya dengan begitu cerdasnya, yang perlu kita lakukan hanya ikhtiar dan tawakal. Semua yang terjadi didunia tidak semata-mata tanpa skenario-Nya yang begitu amazing.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top