Privilege lagi rame dibahas lagi. Sebelum ini rame saat maudy ayunda diterima di Universitas bergensi Internasional, belakangan topik ini naik lagi setelah pengangkatan staff khusus presiden. Yang bikin rame beberapa orang menyerang latar belakang dan dijadikan sebab utama terpilihnya orang-orang tersebut. Latar belakang yang diserang selalu disebut-sebutkan dengan privilege atau hak istimewa.

Seperti biasa dalam menanggapi berbagai topik pasti memiliki banyak perspektif yang beragam. Ada yang bisa menerima pencapaian orang lain karena menggunakan hak istimewa yang dimiliki, ada juga yang mengintimidasi bahwa pencapaian tersebut tidak layak diakui karena menggunakan hak istimewa. Privilege yang sering menjadi bahan serangan justru jenis privilege yang tidak bisa dipilih atau diusahakan seorang manusia seperti dilahirkan oleh orang-tua siapa dan seperti apa, dilahirkan dengan fisik seperti apa, lingkungan dan proses tumbuh dari kecil yang bagaimana. Beberapa orang terlalu fokus dengan apa yang dimiliki orang lain tapi tidak dimiliki diri sendiri. Menurut aku, beberapa orang yang mengintimidasi pencapaian orang lain karena privilege seperti mencari kambing hitam atas apa yang tidak bisa didapat diri sendiri. Bisa jadi itu termasuk wujud “defense” terhadap rasa tidak terima kepada diri sendiri. Tidak semata murni karena “cemburu” aja, privilege itu nyata dan sangat berpengaruh cukup besar dalam jalan hidup seseorang.

Hal yang perlu dikritisi adalah sikap diskriminatif didalamnya. Seseorang yang merasa dirinya tidak memiliki privilege tidak ingin mendapatkan diskriminatif untuk mencapai tujuan hidupnya begitu juga orang-orang yang katanya punya privilege juga ingin diakui bahwa pencapaian yang diperoleh juga dari usaha sendiri. Pemaknaan privilege jadi begitu masif karena fenomena yang ramai diperbincangkan dan terus digemakan. Coba melihat dari perspektif lain bisa jadi privilege dimiliki semua orang tapi pemakaian hak istimewa tersebut hanya cocok pada kondisi tertentu aja.

Seseorang yang dilahirkan dikeluarga seniman, dia punya hak mendapatkan dukungan penuh untuk mengembangkan bakat yang dimiliki bahkan tidak mempermasalahhkan pencapaian akademik yang banyak orang lain kejar untuk mendapatkan hidup nyaman nantinya.

Seseorang yang dilahirkan dikeluarga pengusaha, dia punya hak mendapatkan didikan berbisnis yang cukup untuk pembentukan karakter seorang pengusaha. Dan memiliki link yang cukup banyak dari orang tuanya atau hanya sekedar dikenal sebagai anak seorang pengusaha bisa membantu memperlancar jalan karirnya.

Seseorang yang bekerja jauh dari keluarga atau memiliki jam kerja penuh menyebabkan sedikitnya waktu bersama keluarga, dia punya hak mendapatkan fokus karir yang bisa terus berkembang pesat. Dan dapat memenuhi kebutuhan keluarga, waktu yang sedikit bersama keluarga akan menjadi waktu yang sangat istimewa dan berharga.

Seseorang yang memilih tidak bekerja dan dirumah merawat anak, dia punya hak mendapatkan waktu penuh mendidik anaknya sendiri tanpa pengasuh. Melihat perkembangan anak secara intens dan selalu ada untuk anak.

Setiap privilege memiliki jalan mulusnya masing-masing. Bukan berarti yang tidak memiliki privilege tidak bisa dapat hak yang sama. Bahkan yang jelas memiliki privilege juga belum tentu akan menggunakan haknya bisa jadi tidak digunakan sama sekali. Untuk menuju suatu tujuan tetap butuh langkah untuk berjalan di jalan manapun, hanya berbeda kendaraan dan rintangannya aja. Walaupun sebagian orang akan tetap menganggap memanfaatkan privilege adalah sebuah ketidakadilan dalam hidup, privilege akan tetap ada dan nyata yang kemudian akan membentuk leverage. Semakin digemakan privilege akan terus bertahan dan menetap pada “sebab” utama keberhasilan seseorang. Jangan sampai hal itu juga menjadi “sebab” paling mudah untuk menutup jalanmu.

Share this :

15 thoughts on “Katanya Sih Privilege

  1. Hello to every one, the contents present at this web page are actually remarkable for people experience, well, keep up the nice work fellows. Ilysa Cyrille Clayson

  2. My family members every time say that I am killing my time here at web, except I know I am getting knowledge daily by reading such good posts. Staci Northrup Peddada

  3. My family all the time say that I am killing my time here at web, however I know I am getting familiarity daily by reading thes good posts. Ronnica Ansell Clotilde

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top