1. Jangan menanti ucapan terima kasih dari sesama. Cukuplah pahala dari Dzat yang bergantung kepada-Nya segala sesuatu. Tak ada yang harus Anda lakukan terhadap orang yang membangkang, mendengki, dan iri.

2. Biarkanlah masa depan itu hingga dia datang sendiri, dan jangan terlalu berkepentingan dengan hari esok. Karena jika Anda melakukan yang terbaik di hari ini maka hari esok juga akan baik.

3. Hiduplah bersama Al-Qur’an baik dengan cara menghafal, membaca, mendengarkan, mengamalkan, atau merenungkannya. Sebab ini merupakan obat paling mujarab untuk mengusir kesedihan dan kedukaan.

4. Terimalah bentuk wajah, bakat, pemasukan, dan keluarga dengan kelegaan hati, niscaya Anda akan mendapatkan ketentraman dan kebahagiaan.

5. Ketahuilah, bahwa setelah kesulitan itu akan ada kemudahan, dan setelah kesulitan itu akan ada jalan keluar. Ketahuilah, bahwa keadaan seseorang itu tidak akan tetap selamanya. Hari-hari itu akan senantiasa bergulir.

6. Ujian akan mendekatkan jarak antara diri Anda dan Allah, akan mengajarkan kepada diri Anda bagaimana berdoa, dan akan menghilangkan rasa sombong dari diri Anda.

7. Ketahuilah bahwa Anda bukan satu-satunya orang yang mendapat ujian. Tidak seorang pun yang lepas dari kesedihan dan tidak seorang pun luput dari kesulitan.

8. Jadilah orang dermawan, sebab orang yang dermawan hatinya akan selalu lapang dan jiwanya luas. Sedangkan orang yang pelit hatinya pengap dan nuraninya kotor.

9. Tersenyumlah kepada siapa saja, niscaya Anda akan mendapatkan cinta kasih mereka. Haluskan tutur kata Anda niscaya mereka akan mencintai Anda. Dan rendahkan hati kepada mereka niscaya mereka akan menghormati Anda.

10. Kunjungilah rumah sakit agar Anda bisa merasakan bagaimana nikmatnya sehat, datanglah ke penjara agar Anda bisa merasakan nikmatnya kemerdekaan, dan datanglah ke rumah sakit jiwa, agar Anda menyadari bagaimana nikmatnya akal. Sebab jika Anda tidak pernah mengunjungi tempat-tempat seperti itu secara langsung. Maka Anda akan senantiasa dalam nikmat, tapi tidak pernah menyadarinya.

11. Setelah lapar, akan datang kenyang, setelah dahaga akan datang kesegaran, setelah sakit pasti akan datang kesembuhan, setelah kefakiran akan datang kekayaan, dan kesedihan itu selalu diikuti oleh kebahagiaan. Inilah sunnah Allah yang tidak bisa diganggu gugat.

12. Jangan takut dengan kesulitan, sebab kesulitan akan menguatkan hati, akan membuat Anda dapat merasakan nikmatnya sehat, akan membulatkan tekad, akan mengangkat kedudukan, dan akan memunculkan kesabaran Anda.

13. Jika Anda ingin merasakan kebahagiaan bersama orang lain, maka perlakukanlah mereka dengan cara yang sama yang Anda sukai ketika mereka memperlakukan Anda. Jangan meremehkan milik mereka, dan jangan pula merendahkan kemampuan mereka!

14. Makanan adalah kebahagiaan untuk sehari, perjalanan adalah kebahagiaan untuk seminggu, pernikahan adalah kebahagiaan untuk sebulan, harta adalah kebahagiaan untuk setahun, dan keimanan, adalah kebahagiaan untuk seumur hidup.

15. Orang yang memiliki kesempatan untuk membaca adalah orang yang bahagia. Karena dia bisa memetik bunga dari taman alam semesta, berkeliling mengitari keajaiban dunia, dan bisa melipat waktu dan tempat.

16. Pikirkan tentang orang-orang yang Anda cintai, dan jangan meluangkan waktu sedetik pun untuk memikirkan tentang orang-orang yang Anda benci. Sebab, mereka tidak akan tahu-menahu tentang diri dan keresahan yang Anda hadapi.

17. Kebahagiaan itu tidak ada dalam garis keturuan, harta benda, dan emas berlian. Tapi kebahagiaan itu terdapat dalam agama, ilmu, sopan santun, dan tujuan yang kesampaian.

18. Andalah yang mewarnai hidup Anda dengan cara pandangan menurut Anda sendiri. Artinya, kehidupan Anda adalah ciptaan pikiran Anda sendiri. Karena itu, jangan mengenakan ‘kacamata hitam’ (padangan orang lain).

19. Jika Anda tidak bisa menikmati kebahagiaan dengan waktu yang ada, maka jangan pernah menunggu kebahagiaan yang akan menghampiri Anda atau turun dari langit.

Maka, berbahagialah!

Oleh dr. Gamal Albinsaid

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top