Jaman sekarang mencari informasi semakin mudah, bahkan sangat mudah dan bisa diakses oleh banyak orang. Karena internet sudah menjadi kebutuhan primernya bagi sebagian besar orang. Semua orang mempunyai kebebasan menyebarkan informasi dan mengakses informasi.

Saya sendiri menggeluti bidang teknik, akan tetapi tidak lama ini saya sering mengakses informasi diluar bidang teknik. Yang saya pikirkan, saya hanya ingin cukup mengetahuinya saja, diambil sisi positifnya, dan karena saya tidak mau jadi seseorang yang terlalu polos yang mudah tertipu karena ketidaktahuan. Mungkin hanya sekedar itu maka saya suka membaca informasi mengenai politik, kesehatan, ekonomi, teknologi, hiburan, religi dan banyak bidang lain. Banyak pembahasan yang sedang panas, akan tetapi informasi yang tersebar memiliki sudut pandangan yang berbeda dari sumber-sumber yang ada. Bahkan ada oknum yang sengaja membuat pendoktrinan informasi yang belum jelas kebenarannya. Akan tetapi banyak orang-orang yang mudah terpancing hingga membuat respon yang kurang bijak. Sebenarnya informasi yang tersebar itu banyak yang bertentangan karena perspektif setiap orang yang berbeda. Karena setiap sumber informasi dan pengakses informasi memiliki tujuan yang berbeda-beda pula. Mungkin inilah fenomena jaman sekarang dengan semakin majunya teknologi.
Sebagai makhluk sosial dimana manusia itu saling membutuhkan manusia lainnya di dunia. Untuk pengakses informasi, informasi itu penting, eksplore pikiran Anda, jika mengakses informasi sebisa mungkin jangan hanya berpatok pada satu sumber saja, saat membaca usahakan pikiran Anda netral, jangan mudah terpancing pada hal hal yang tidak seharusnya, usahakan perspektif Anda di zoom out lagi agar anda bisa memahami sisi lain, lalu luruskan niat dan tujuan Anda dalam mengakses informasi, keep positif. Untuk sumber-sumber informasi yang menyebarkan di media yang mudah diakses, perspektif yang beragam membuat dunia informasi menjadi berwarna dan tidak flat. Akan tetapi jika sudah melebihi batas yang berdampak negatif ke sebagian besar orang maka kondisikan kembali.

“Anda ahli di satu bidang, jangan dibodohkan di bidang lain. Eksplore pikiran Anda, pahami perspektifnya, dapatkan manfaat positifnya .”

-agustinadsp-

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top