Berawal dari ingin mengisi waktu dengan melakukan kegiatan bermanfaat untuk orang lain, aku cari-cari di internet dan menemukan website /indorelawan.org. Di website tersebut banyak pilihan kegiatan sosial menarik dengan visi-misi yang berbeda-beda. Aku mencari kegitan yang cocok dengan waktuku, kemampuan, dan interest. Kutemukan kegiatan dengan misi utama memberikan inspirasi anak-anak kurang mampu untuk berani bermimpi, waktunya bisa dilakukan saat weekend, dan masih di Kawasan Jakarta. Tanpa ragu aku langsung mendaftarkan diri dan mengikuti training terlebih dahulu.

Aku mendapatkan bebrapa dasar dari kegiatan yang akan aku lakukan pada saat training. Mengenai kondisi kebanyakan anak-anak kurang mampu di Indonesia memiliki batasan mimpi. Aku jadi teringat saat KKN dulu, memang benar terjadi, masih banyak anak-anak yang berasal dari keluarga kurang mampu tidak berani bermimpi tinggi seolah mereka membatasi diri mereka sendiri karena merasa tidak mampu. Jika besar nanti yang ada dipikiran anak-anak tersebut tidak jauh dari apa yang sedang dilakukan orang tuanya sekarang. Tapi bukan berarti orang yang bekerja pekerja kasar tidak mulia, pointnya disini untuk membantu mengexplore kemampuan anak dari batasan-batasan kedaan mereka. Tidak dipungkiri juga bahkan tidak hanya dari keluarga kurang mampu saja mimpi anank-anak seolah hanya pada batasan ingin menjadi Guru, Dokter, Pilot, Presiden, atau yang lagi ngetren sekarang menjadi youtuber atau selebgram. Padahal masih banyak sekali beragam jenis profesi-profesi atau pekerjaan-pekerjaan yang ada dan bisa dilakukan oleh semua orang. Kembali lagi karena sistem Pendidikan di Indonesia mengharuskan setiap siswa harus fokus pada pencapaian standar Nilai Semua Mata Pelajaran pada Kurikulum yang berlaku. Tidak sepenuhnya salah, akan tetapi beberapa minat dan bakat anak harus mengalah dengan kurikulum karena tidak menjadi prioritas sistem Pendidikan.

Organisasi yang aku ikuti yaitu IFF dengan slogannya “Aku Punya Mimpi”. Pada saat training dijelaskan kegiatan apa saja akan dilakukan dan panduan-panduan tentunya. Rules and Regulation sudah dibuat dengan teratur dan saya sebagai fasilitator sudah cukup jelas dengan itu. Setiap harinya ada Modul kegiatan yang sudah dibuat dengan Goals dan cara yang beragam.  Rules sudah disiapkan dari Me & My Dreams, Me & My Body, Me & My Family, Me & My Country, Me & My Future, Me & My Strength, Me & Friends, Me & My Diversity, Me & My Adventure, Me & My Characters. Setiap Rules memiliki alur yang sama dalam penyampaian antara lain inspirasi, kreatif, teamwork, problem solving, dan masih banyak lagi. Yang diberikan di IFF hamper semua tidak didapatkan di sekolah umum.

Aku mengikuti kegiatan sebagai fasilitator di salah satu Rusun Jakarta Selatan. Pada pertemuan kedua aku kebagian tugas untuk memberikan cerita inspirasi tentang mimpi. Cerita yang aku sampaikan itu yang terjadi pada diri aku sendiri. Awalnya aku punya minat ikut acara kaya gini juga karena dari diri sendiri dimana aku berasal dari keluarga yang kurang mampu dan punya keterbatasan memiliki pandangan tentang tujuan hidup setelah sekolah. Setelah aku cerita tentang apa yang aku alamin ke semua anak-anak yang ada di Rusun rasanya seperti aku dapetin energi positif. Energi positif itu bener-bener mempengaruhi diri sendiri saat aku sedang jenuh dalam menjalani rutinitas yang gitu-gitu aja. Setelah disadarkan beberapa hal yang terjadi di lingkungan juga membuat aku tertarik tentang isu Pendidikan di Indonesia. Terima kasih IFF, maaf aku berhenti di tengah jalan karena keadaan dan aku udah balik kampung gak di Jakarta lagi. Aku masih mendukung niat baik para fasilitator dengan cara lain yang bisa aku lakuin sekarang.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top