Diakhir tahun 2019 ini Alhamdulillah dapet kesempatan buat ikutan acara di Panti Tunas Bangsa Jakarta Timur. Kali ini jadi volunteer kakak pendamping diacara Love, Care and Happiness yang diadakan bareng Arqam Family. Bertemu dengan 50 adik-adik balita yang super aktif. Berusaha menjalankan acara yang sudah direncakan walaupun akhirnya acara penuh dengan improvisasi.

Aku kira bakal sama kaya acara-acara ke panti yang pernah aku lakuin sebelumnya, tapi ternyata yang terjadi justru tidak terprediksi sama sekali. Karena sebenarnya ikutan acara ini gak masuk dalam rencana aku ke Jakarta akhir tahun selama 3 minggu. Jadi aku gak ngikutin persiapan acaranya bahkan gak bacain info yang ada di grup. Aku masih sempat ikut briefing sebelum acara dimulai. Panita sudah mempersiapkanya rundown acara yang cukup menarik dengan beberapa alat pendukung juga. Kami para volunteer juga sudah dibagi menjadi beberapa kelompok agar acara berjalan lancar sesuai rencana. Kemudian diberitahukan kalau adik-adik yang mengikuti acara ini termasuk anak-anak yang sangat aktif dan banyak yang cari perhatian dengan berbagai macam cara.

Setelah cukup percaya diri dengan penjelasan dan panduan dari panitia acara. Adik-adik panti masuk ke ruangan dengan keceriaan dan RUSUH hahahaha. Para volunteer yang sudah bersiap diri banyak yang terkejut saat adik-adik panti masuk. Pembawa acara mencoba menetralkan dan membawa jalur rencana. Kami volunteer mulai berbaur dengan adik-adik sesuai dengan arahan. Dan benar adanya hampir semua anak susah diatur dan mencari perhatin dengan cara masing-masing. Banyak yang berlarian kemana-mana gak bisa diem. Bahkan saat aku mencari posisi duduk tiba-tiba ada seorang anak yang lari duduk di pangkuanku tanpa aba-aba.

Pembawaan aku yang emang lebih suka bermain bareng, dan bukan yang ibu able penyayang anak secara lembut gitu. Banyak adik panti yang sangat aktif membuatku cepat membaur dengan memasuki dunia bermain mereka. Dan ada satu anak yang terus ingin bareng aku, dia cewe namanya Syifa. Syifa mengikuti semua kegiatan yang dibawakan pembawa acara dengan tidak rewel cukup rajin. Akan tetapi setiap ada adik lain yang mendekat dan meminta aku ikut memperhatikannya, Syifa tidak memperbolehkan. Dia hanya ingin aku bermain cuma sama syifa, gak ada anak lainnya. Mereka seperti berebut kasih sayang. Ketika ada acara seperti ini menjadi waktu emas bagi mereka mendapatkan kasih sayang yang lebih dari hari-hari biasanya.

Alhamdulillah acara berjalan bahagia dan terharu sesuai dengan tujuan acara ini dibuat, walaupun tidak sesuai dengan rundown acara. Adik-adik panti kembali dengan teratur saat acara selesai. Panitia dan volunteer duduk bersama untuk sharing apa aja yang didapat hari ini. Setiap volunteer dan panitia mendapatkan cerita masing-masing dalam mengikuti acara ini. Semoga adik-adik panti disini diberi kebahagiaan dan masa depan yang cerah apapun back story yang membuat mereka semua berada di panti asuhan.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top