Kapasitas Storage yang di sediakan Google untuk akun Gmail sebesar 15 GB free. Akan tetapi ada beberapa pengguna menggunakan email dengan aktifitas tinggi dan banyak attachment, kapasitas 15 GB kurang memenuhi kebutuhan. Google sebenarnya juga menyediakan untuk menambahkan storage dengan berlangganan menggunakan kartu kredit. Jika yang terjadi adalah Gmail penuh, tidak bisa menerima email jika tidak mengosongkan ruang, tapi data tidak ingin hilang, lalu tidak bisa memperbesar storage karena tidak memiliki kartu kredit, dan ingin tetap mempertahankan alamat email tanpa membuat email baru.

Salah satu solusi yang tepat adalah Backup email dan File Backup bisa diakses dengan mudah secara offline. Disini aku mau jelasin dikit caranya ke kalian. Check this out!

Cara backup semua email yang ada di gmail:

  1. Login alamat email anda seperti biasa.
  2. Buka alamat ini https://takeout.google.com/settings/takeout . Maka akan muncul seperti pada gambar.
  3. Pilih komponen apa saja yang ingin di backup. Untuk semua email ada di opsi Email. Pada Opsi email, pilih label yang ingin di backup. Kemudian klik Langkah berikutnyaPilih jenis eksport dan jenis file, Kemudian Klik Buat Arsip
  4. Google akan menyiapkan arsip data backup, lalu tunggu hingga Gmail selesai membuat arsip
  5. Setelah Gmail selesai membuat arsip backup, Kita akan mendapat email dari Google berupa link download. Tinggal klik link download yang sudah disediakan, besar size sesuai dengan email yang di backup.Hasil backup berupa format MBOX. Perlu diperhatikan bahwa link yang disediakan Google memiliki batas waktu sesuai dengan yang diberitahu Google, jika membuka link setelah batas waktu maka file sudah tidak tersedia atau sudah tidak bisa di download.

Untuk membuka file dengan format MBOX ada banyak aplikasi yang bisa digunakan. Banyak yang menyediakan versi free akan tetapi terbatas pada kesediaan fitur. Salah satu rekomendasi yang aku gunakan adalah BitRecover MBOX Converter Wizard. Aplikasi ini bisa membuka file MBOX dengan kecepatan early reading yang cukup cepat, mengambil attachment dengan mudah, serta memiliki fitur search dan converter. Untuk mempermudah akses file Backup Email ini biasanya aku convert dari MBOX ke PST. File format PST bisa mudah diakses menggunakan Outlook secara offline.

Cara convert format MBOX ke PST

  1. Instal BitRecover MBOX Converter Wizard
  2. Open Folder yang berisi file MBOXSetelah proses early reading tampilan akan seperti ini
  3. Klik SAVE, lalu pilih location hasil converter kemudian klik OKTunggu prosesnya sampai selesai. Bisa convert beberapa MBOX sekaligus, hasil convert menjadi satu file. Proses ini cukup lama akan tetapi bisa di minimize sambil menunggunya.
  4. Setelah proses convert selesai, File PST hasil convert langsung bisa dibuka menggunakan Outlook.

Begitu gaes caranya. Karena aku sempat bingung mencari solusi dan tidak banyak menemukan artikel yang cukup membantu, semoga tips ini bisa bermanfaat bagi yang mengalamai kejadian serupa.

Share this :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Related Posts

Begin typing your search term above and press enter to search. Press ESC to cancel.

Back To Top